Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 


Bismillahirrahmanirrahim merupakan kata yang paling tepat untuk memulai seluruh pembahasan ini, walaupun kata tersebut terdengar sederhana namun di balik kesederhanaan itu terdapat banyak keunggulan yang melebihi dari kata kata yang lain, karena kata bismillah merupakan suatu kata yang banyak mengandung fadilah, diantaranya adalah sebagai faktor mustajabah doa




Walaupun terdengar sederhana, namun kata ini dapat meningkatkan persentase keberhasilan suatu usaha yang di dasari dengan kebaikan dan ketulusa.

Sesuai dengan sabda Rasullullah SAW bahwa “Barang siapa yang saat keluar dari rumahnya mengucapkan Bismillah hirrahmaanirrahim, maka engkau telah mendapatkan petunjuk dari Allah SWT, telah pula dicukupkan kebutuhanmu, dan jika telah telah diberi perlindungan dan penjagaanya maka godaan setanpun akan menyingkir”(HR. Abu dawud Turmudzi dan Nasa’i )”. Maka dari itu, kata bismillah sangatlah penting di terapkan di dalam kehidupan sehari hari, baik itu di saat keluar rumah ataupun di ketika mengerjakan amalan lainnya.

Berikut kumpulan fadilah membaca kalimat bismillahirrahmanirrahim


 
1. Dicukupkan kebutuhannya oleh Allah SWT dari sesuatu yang tidak kita sangka sebelumnya.
 


Banyak orang yang mencari rezeki di luar sana dengan kesungguhan hati dan fikiran, namun masih saja tetap merasa kekurangan terhadap yang dimilikinya, hal itu di karenakan kurangnya keberkahan dalam rezeki yang di terimanya.



 
2. Mencegah kita dari musibah atau bencana alam, dimana kita akan diberi keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT..
 

 
3.Meluruskan jalan pikiran kearah kebaikan atau selalu dapat berfikir positif.
 





Banyak darim kita yang terkadang lupa akan lingkungan sekitar, sehingga terkadang tidak menghiraukan berbagai kebaikan yang terjasi di sekitar kita, sehingga kita hanya beranggapan bahwa hal tersebut hanya bernilai negatif, maka dari itu dengan berfikir positif maka akan meningkatkan rasa syukur dalam kehidupan sehari hari.


 
4.Dapat melemahkan pikiran yang menimbulkan dosa seperti sifat curiga, menuduh, menggunjing keburukan orang dalam hati, menghujatb orang dalam hati dan lain lain.
 



 
5.Dapat menjadikan pekerjaan yang kita lakukan akan terasa mudah dan cepat selesai tanpa ada keluhan kesehtan yang berarti.
 


Banyak pekerjaan yang membelenggu manusia, seperti pekerjaan kantor bagi para pekerja kantor, beban tugas bagi para pelajar ( curhat ceritanya ). Dengan mengamalkan basmallah ini maka insha allah seluruh bebaqn tersebut akan terasa ringan dan mudah di selesaikan.


 
6.Dapat meningkatkan wibawa dan nama baik didepan orang banyak atau public.
 


 7.Melunturkan kesombongan, keangkuhan, ketamakan dan kedengkian seseorang. 

Dengan meningkatnya rasa syukur dalam kehidupan kita, maka rasa sombong pun akan ternetralisir dengan sendirinya dan di gantikan dengan berbagai pikiran positif.



 8.Menurunkan kadar emosi yang sedang meningkat karena sedang marah dengan seseorang. 



Mungkin banyak dari kita yang tidak dapat mengontrol emosi, seperti emosi kepda teman, kepada atasan atau bahkan kepada keluarga sendiri, namun sadarkah kita bahea hal tersebut di pengaruhi oleh bisikaan syetan yang berusaha menjrumuskan umat manusia ke dalam neraka Allah SWT.

maka dari itu seyogyanya bagi kita semua agar menghiraukan bisikan syetan tersebut, salah satu caranya adalah dengan mengamalkan basmallah ini.


 9.Dapat meningkatkan kepercayaan diri dan tidak takut membongkar kebenaran. 


 10.Dapat memperkuat rasa percaya dan cinta terhadap allah SWT. 




Dngan berdasarkan kepada seluruh faktor di atas, maka jelaslah akan bermuara kepada kecintaan kita kepada Allah SWT sehingga akan berdampak kepada kualitas dan intensitas ibadah kita.


dari sekian banyaknya fadilah yang di kandung oleh kalimat tersebut, alangkah baiknya jikalau satu saja kita rasakan di dalam kehidupan ini maka niscaya kehidupan ini akan tenang dan tentram, namun sayang, masih banyak dari kita yang terlupa akan berbagai fadilah tersebut. Padahal jelas keseluruhan fadilah tersebut dapat memberikan banyak perubahan positif dalam hidup.

Maka dari itu sudah saatnya kita membiasakan diri untuk mengucapkan kata Bismillah sebelum melakukan kegiatan yang kita sukai atau aktifitas rutin agar kita selallu berada pada keadaan yaang selamat, berkah dan berhasil. Kebiasaan tersebut alngkah lbih baik jika diterapkan pad anak anak usia dini agar mereka memahami dengan baik apa dan bagaimana khasiat kata Bismillah itu.

Mudah mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan terkhusus bagi saya pribadi, karena saya pribadi sendiri masih di selimuti oleh berbagai kekurangan dan masih membutuhkan banyak pengajaran.